mengapa harus make blackberry?


Aq sangat menyukai menggunakan blackberry, hal ini karena blackberry sangat memudahkan aq dalam hal manajemen email. Nah skrg aq ingin menjelaskan apa yg membuat blackberry lebih bagus daripada handset sejenisnya.

Di blackberry untuk manajemen email menggunakan server yg ada di Network Operating Center (NOC), ya sejenis server blackberry yg ada di kantor pusat RIM. Dengan menggunakan metoda seperti ini maka handset blackberry bisa sangat menghemat baterai dan sangat efisien dalam hal pengolahan data. Ketika ada email masuk ke inbox email-mu maka NOC akan mem-forward email tersebut ke handset blackberry yg kamu punyai. Dan jika tidak ada email yg masuk maka tidak ada yg terjadi, dan blackberry mu akan bersifat seperti handphone yg biasa aja.

Seperti yg bisa kamu bayangkan, kecuali jika kamu mendapatkan ratusan email dalam sejam, maka handset blackberry kamu tidak akan mengalami pengurangan daya baterai akibat penggunaan NOC ini.

RIM bisa melakukan push-mail seperti ini karena blackberry yg kamu punyai sudah terdaftar ke service provider (telkomsel ataupun indosat) yg kamu gunakan. Yg mana service provider ini memforward informasi ke NOC. Hasilnya adalah NOC tau betul ke blackberry mana harus melakukan forward email yg diterima nya. Hal inilah alasan kenapa koneksi internet normal tidak bisa dipakai utk email services di blackberry.

Btw sebagai info tambahan NOC skrg sudah bisa meng-handle data utk facebook, chat dan twitter. Sehingga seluruh koneksi utk social networking ini akan melewati NOC sebelum di push ke handset blackberry.

Nah kalian pasti sudah mendengar tentang android bukan? Ada orang yg menyukai android tapi sebenarnya android ini berbeda dengan blackberry. Kenapa? Kita ambil contoh dalam hal manajemen email. Jika kita ingin melakukan push-email di handset android maka android tidak mempunyai NOC seperti yg dilakukan oleh blackberry. Tapi android menggunakan protocol HTTP. Bayangkan menulis alamat URL dibrowser yg kamu pakai lalu menekan “ENTER”. Nah skrg bayangkan smartphone android yg kamu punyai melakukan hal ini dalam interval waktu 8 menit (bisa di set sesuai waktu yg kamu suka). Jika tidak ada email maka tidak akan terjadi apa2, tapi jika emang ada email maka smartphone android kamu akan melakukan over-the-air sync utk mengambil email tersebut. Dan juga karena smartphone yg kamu punyai melakukan akses langsung ke email server (seperti gmail) maka tidak diperlukan adanya NOC. Nah oleh karena itu utk penggunaan smartphone android yg dibutuhkan cuma koneksi internet yg normal

Tapi kekurangan metoda ini adalah umur baterai akan cepat berkurang, hal ini karena smartphone android akan melakukan koneksi secara terus menerus dalam interval waktu tertentu bahkan ketika tidak ada email yg masuk.

Kesimpulannya adalah blackberry merupakan handset yg emang cocok utk para penggila email karena efisiensi nya dalam penanganan baterai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s